RSS

bosaaan

tadi gue abis jalan-jalan di internet, naah trus gue bosen gitu deeh. jadi gue buka one manga aja deh. trus pas gue udah baca beberapa, gue agak bingung sama senpai, chan, dsb. jadi gue googling deh. trus gue ketemu di yahoo! answers deh :

Kun= panggilan untuk anak laki-laki yang sebaya (E.g. Raito-kun), biasanya oleh anak perempuan. Boleh juga untuk memanggil anak laki-laki yang lebih tua bila kamu sangat akrab dengannya. Kun juga bisa untuk anak perempuan, tetapi sangat jarang digunakan.

San=panggilan hormat untuk orang yang lebih tua (maksudnya bapak2 atau ibu2) dan juga panggilan untuk anak perempuan sebaya yang relatif kurang akrab, e.g. Kotegawa-san.

Chan= panggilan untuk anak perempuan yang lebih muda dari kita dan kita sudah akrab dengannya dan juga buat anak kecil (e.g. Maki-chan). Boleh juga untuk anak perempuan yang lebih tua, tapi untuk yang sifatnya agak2 childish.

Sama= mirip dengan -san tapi ini jauh lebih hormat. Buat orang yg sgt kita hormati dan juga buat Tuhan dan Dewa (e.g. Kami-sama)

Senpai=ditujukan kepada senior atau kakak kelas, e.g. Yamizawa-senpai.

Tambahan, biasanya juga keluar di manga-manga.

Kohai= kebalikan dari -senpai yaitu buat junior atau adik kelas.

Sensei= untuk guru

onee-chan (atau -san bila kita hormat padanya atau -sama bila kita sangat hormat) = panggilan buat kakak perempuan kita.

onii-chan (atau -san atau -sama ) = panggilan buat kakak laki-laki kita.

semoga berguna !